Danlantamal VI : Isra’ Mi’raj Menjadi Momentum Untuk Meneladani Nabi Muhammad Sebagai Uswatun Khasanah

Admin Jayapura, 03-14-2022

Makassar, Keluarga Besar Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/ 2022 M, bertempat di Gedung Hasanuddin Mako Lantamal VI, Rabu (09/03/2022).

Isra Mi’raj tahun ini mengambil tema “Hikmah Isra Mi’raj Dalam Kehidupan Prajurit TNI” yang menghadirkan Al Ustadz Dr. H. Abdul Rahman Qayyum, S.H., M.A., sebagai penceramah dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VI Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP., dalam sambutannya menyampaikan semangat Isra’ Mi’raj kali ini sangatlah relevan, dengan mengangkat tema “Hikmah Isra’ Mi’raj dalam kehidupan Prajurit TNI”.

“Di dalamnya tersirat pesan, bahwa melalui peringatan ini menjadi momentum untuk meneladani Nabi Muhammad SAW sebagai Uswatun Khasanah, meningkatkan kualitas akhlak dan ibadah, penguat Ukhuwah Islamiyah, serta menjadikan sholat sebagai benteng keimanan yang kokoh”, ujar Danlantamal VI.

“Kristalisasi hikmah tersebut, senantiasa melandasi pembentukan pribadi-pribadi muslim Prajurit dan PNS Lantamal VI yang memiliki kapabilitas kinerja, integritas dan loyalitas, yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan yang semakin kuat dalam segala aspek kehidupan”, lanjut Danlantamal VI.

Sementara itu Ustazd Abdul Rahman dalam ceramahnya menyampaikan, Isra’Mi’raj merupakan peristiwa besar dan bersejarah yaitu Peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso yang dilanjutkan ke Sidrotul Muntaha untuk menerima perintah sholat dari Allah Subhanahu Wata’ala sebagai Nabi dan Rasul yang terakhir untuk menyebarkan agama Islam yang merupakan agama yang dirahmati Allah SWT bagi umat manusia.

“Sepanjang perjalan itu Nabi diperlihatkan berbagai kejadian dan pemandangan yang luar biasa tentang keangungan Allah SWT,” terangnya.

Tanda Allah mencintai hambanya, salah satunya adalah dengan memberikan cobaan, bila seorang hamba berhasil melewatinya dengan sabar dan berikhtiar, maka cinta Allah akan hadir dengan menaikan derajat hambanya tersebut.

Cobaan dari Allah SWT sangat beragam, mulai diberinya rasa khawatir ketakutan, kemudian kelaparan, hingga kematian. Bagi orang yang beriman, ketika diberikan cobaan, maka ia akan menyerahkan kembali kepada Allah dengan berserah diri dan meningkatkan amal ibadah dengan sabar dan sholat.

Hadir dalam kegiatan ini, Wadan Lantamal VI, para Asisten Danlantamal VI Kafasharkan Makassar, Dansatrol Lantamal VI, Dansatlinlamil-3 Makassar, Danyonmarhanlan VI, Dansekesal Makassar, Para Kadis/Kasatker Lantamal VI dan  Ketua Korcab VI DJA II Beserta Pengurus.

Kontak Info

Mako Lantamal VI Makassar
Jl. Yos Sudarso No.308, Tamalabba, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90163