+++++ SELAMAT DATANG DI PANGKALAN UTAMA TNI ANGKATAN LAUT VI +++++
We have 27 guests online

TIM EFQR LANAL PALU BERHASIL TANGKAP PELAKU BOM IKAN
User Rating: / 0
PoorBest 
Written by Dispen Lantamal VI   

Palu. Tim EFQR (Eastern Fleet Quick Response) Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu dibawah Komando Komandan Lanal Palu Kolonel Marinir Mikaryo Widodo berhasil menangkap pelaku penangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak (bom ikan) di Perairan Desa Sinei Kec. Tinomba Selatan Kab. Parigi Moutong Sulawesi tengah Sabtu, 3 Februari 2018.

 

Penangkapan ini berawal dari laporan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Parigi Moutong kepada Pasintel Lanal Palu Kapten Laut (P) Hairul Azis bahwa diperairan Desa Sinei sering terdengar ledakan bom dilaut yang dilakukan oleh nelayan untuk menangkap ikan. Berdasarkan laporan tersebut Komandan Lanal Palu memerintahkan Pasintel yang juga menjabat Pjs Pasops Lanal Palu untuk melaksanakan patroli diperairan Parigi Moutong dengan terlebih dahulu membentuk tim penyelidik dari sintel yang selanjutnya menggerakkan Tim EFQR Lanal Palu.

Setelah mendapatkan data-data dan informasi dari Satgas Intel pada hari jumat 2 Febuari 2018 pkl 19.00 Tim EFQR Lanal Palu bergerak menuju Parigi Moutong dengan menggunakan kendaraan roda 4 dan bermalam di rumah ketua Pokmaswas agar tidak diketahui oleh masyarakat.

Pada hari Sabtu 3 Febuari 2018 Pukul 08.00 Tim EFQR dipimpin  Pasintel Lanal Palu Kapten Laut (P) Hairul Azis, bergerak ke Laut dengan menggunakan 2 buah perahu nelayan sebagai sarana penyamaran dan mendapatkan 1 perahu nelayan yg sedang menangkap ikan dengan menggunakan handak kemudian dilakukan pemeriksaan dan terbukti sedang menangkap ikan dengan menggunakan bom sehingga langsung dilakukan penangkapan.

Data-data pelaku dan barang bukti yang berhasil diamankan yaitu: Pelaku 3 orang inisial I, 32 Th, D, 28 Th dan A, 21 Th semua berdomisili di Desa Sinei Kec. Tinomba Selatan Kab. Parigi Moutong, sedangkan barang bukti adalah : Ikan cendana sekitar 50 Kg, Perahu kayu panjang 8 mtr, Mesin Honda 5.5 ( ketinting ), Kompresor dan kacamata selam, Kabel, toples, selang, sabun penutup botol, detonator, aki dan sumbu ledak, untuk handak (bom) telah habis digunakan semua.

Saat ini pelaku dan barang bukti diamankan di Denpomal Lanal Palu untuk dilakukan pemeriksaan guna penyelesaian proses hukum lebih lanjut.

 
Please register or login to add your comments to this article.

DETIK.COM

ANTARANEWS.COM

APPLE.COM


Powered by Dispen LANTAMAL VI