+++++ SELAMAT DATANG DI PANGKALAN UTAMA TNI ANGKATAN LAUT VI +++++
We have 32 guests online

CERAMAH TENTANG PENYAKIT JANTUNG DI MAKO LANTAMAL VI
User Rating: / 1
PoorBest 
Written by Dispen Lantamal VI   

Makassar (31/3),  Penyakit Jantung koroner (PJK) menyebabkan   7,2 juta orang kematian di dunia berdasarkan survey tahun 1996, 25 % dari total kematian keseluruhan 1 dari 3 kematian di Negara industry, sedang penyakit stroke menyebabkan 4,6 juta kematian. Lebih dari 690 juta orang di dunia di Negara Negara berkembang penyebab kematian karena penyakit tersebut diperkirakan  meningkat 28 % per tahun. Pada tahun 1990 25 % seluruh kematian disebabkan oleh penyakit Kardiovaskuler diperkirakan tahun 2020 akan menjadi 40 %.

 

Di Negara Negara yang sedang berkembang infark miokrad dan kematian akibat penyakit Kardiovaskuler terjadi 10 – 20 tahun lebih dini. Sedang kematian akibat PJK dibawah 70 tahun di Negara Negara berkembang adalah 50 % sementara di Negara barat mencapai 20 %. Dari 10 penyebab kematian terbesar di Negara Negara berkembang dari tahun 1990 hingga 2020 Penyakit Jantung Koroner (PJK) menduduki ranking 1 disusul Stroke, Lakalantas, Depresi, Kanker dan sebagainya.

 

Dikatakan penyempitan pembuluh darah bukan terjadi setelah tua melainkan sejak usia balita, yang diakibatkan karena penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Faktor factor resiko PJK antara lain dari umur, riwayat keluarga, jenis kelamin, merokok, kurang aktifitas fisik, obesitas, diabetes mellitus serta hipertensi.

Cara mengenali gejala gejala PJK antara lain : terasa nyeri di dada, yang mana terasa nyeri pada belakang tulang dada menjalar ke leher, ke bahu, rahang, ulu hati dan punggung, demikian juga dengan gejala serangan jantung akan terasa tertekan (ditimpa beban, sakit, terjepit, diperas, terbakar) di dada, menjalar ke lengan kiri, leher, punggung, tercekik sesak lebih dari 20 menit, keringat dingin lemah, hingga pinsan. Adapun cara pencegahan PJK dengan Panca Usaha adalah : Makan seimbang kurangi makan yang berlemak, Stop merokok, Perbanyak Aktifitas, Hindari Stres, dan Banyak Ibadah. Serta jangan lupa periksa kolesterol LDL – C setiap 6 bulan sekali.

Demikian menurut Dr. Bambang Budiono SpJP, FIHA, FSCAI, FAPSIC Spesial jantung dan pembuluh darah dihadapan segenap anggota Mako Lantamal VI pada acara ceramah kesehatan bertempat di gedung Sultan Hasanuddin yang dihadiri oleh Wadan Lantamal VI Kolonel Laut Dwi Tjahyono Hadi, beserta staf, Ketua Korcab VI. Ny. Khaidir Pattonory beserta staf. Ceramah kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari HUT Dharma pertiwi yang ke 47.

 

 

 
Please register or login to add your comments to this article.

DETIK.COM

ANTARANEWS.COM

APPLE.COM


Powered by Dispen LANTAMAL VI